Blog

March 29, 2022

Faktor yang Mempengaruhi Harga Jual Besi Beton Polos

Besi polos cukup fleksibel, bisa dipergunakan untuk banyak hal, serta mudah didapatkan. Bisa dicari di tempat jual besi beton polos yang ada di tiap kota. Meski dari segi kekuatan besi beton ulir lebih kuat tapi harganya lebih mahal. Jika digunakan untuk keperluan konstruksi bangunan dalam skala menengah sedang ke bawah, maka lebih ekonomis dan efektif jika memilih untuk menggunakan besi beton polos. Namun perlu diperhatikan dengan teliti dan cermat pada saat membelinya, agar tidak tertipu, salah membeli besi beton polos banci, yang lebih murah harganya tapi kurang kuat. Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi harga besi beton polos.

Apa itu Besi Beton Polos Banci

Besi beton polos banci ialah besi beton yang yang ukurannya selisih lebih dari 0,2 mm dari ukuran seharusnya, sehingga tidak akan sekuat besi beton polos SNI yang telah sesuai Standar Nasional Indonesia. Harga jual besi beton banci lebih murah karena kualitasnya yang rendah. Sebagai gambaran, harga Besi Beton Polos 10mm dengan ukuran panjang batang 12 m standar SNI ialah mulai dari 88 ribu Rupiah. Jadi jika ditawarkan harga yang lebih rendah dari itu maka kemungkinan besar itu adalah besi beton banci.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Besi Beton Polos

Harga besi beton polos bervariasi tergantung pada berat dan ukuran diameter serta panjang dan kualitasnya, karena ada besi beton SNI dan besi beton banci dengan kualitas yang lebih rendah, dan dijual lebih murah. Biasanya perhitungan pembeliannya ialah harga Besi Beton Polos per Kg. Semakin berat besi beton polosnya maka akan semakin mahal harganya. Namun ukuran panjang batang besi beton polos juga menentukan harga, selain beratnya. Semakin panjang ukuran panjang batangnya maka akan semakin tinggi harganya. Variasi panjang batang besi beton polos yang dijual di pasaran ada yang dalam ukuran 0,5 m, dan 1 m juga 2 m dan 3 m serta 6 m lalu 12 m sebagai yang paling mudah didapatkan. Semakin panjang ukuran batang besi beton polos selain akan menambah beratnya maka juga akan cenderung menambah biaya transportasinya karena akan semakin sulit pengangkutannya, sehingga bisa menambah harganya. Begitu juga dengan ukuran diameter besi beton polos. Semakin besar diameter nya maka akan semakin mahal harganya, karena tingkat kekuatan besi beton polos tersebut juga semakin meningkat, selain menambah beratnya. Besi beton polos yang tersedia di pasaran pada umumnya memiliki ukuran diameter dari 6 mm hingga 32 mm.

Perhatikan betul kualitas besi beton polos yang akan dibeli dan sesuaikan dengan kebutuhannya.

Besi , ,
About Admin HMS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *