Blog

December 12, 2023

Mengenal Lebih Dalam Besi H Beam

Besi H Beam adalah salah satu jenis besi yang sering dipakai para kontraktor untuk proses pembangunan atau di bidang konstruksi.

Besi jenis ini merupakan material yang umumnya digunakan untuk keperluan konstruksi atau memperkuat struktur bangunan. Meskipun banyak jenis besi yang kegunaannya sama-sama untuk kebutuhan konstruksi, tetapi fungsi dan cara pemakaiannya tentu saja berbeda.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak secara lengkap pembahasan tentang besi H beam, mulai dari pengertian hingga keunggulannya. Berikut ini penjelasannya!

Pengertian Besi H Beam

Besi H-beam adalah salah satu jenis profil baja struktural yang sering digunakan dalam pembuatan konstruksi bangunan.

Profil ini memiliki bentuk yang mirip dengan huruf “H” jika dilihat dari samping, dengan dua sayap (flange) yang mendukung satu batang tengah (web).

Besi ini tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran, dan mereka memiliki keunggulan tertentu yang membuat mereka populer dalam berbagai aplikasi konstruksi.

Besi yang punya bentuk menyerupai lempengan baja ini sangat kokoh dan kuat, sehingga cukup populer di kalangan para kontraktor. Meski disebut besi, nyatanya material ini sebenarnya adalah material yang terbuat dari baja yang kemudian dibentuk sampai menyerupai seperti balok.

Dalam proses pembuatannya, H beam dibentuk melalui proses yang disebut hot rolled atau cenai panas. Sementara dalam penggunaannya, besi ini sendiri lebih banyak dimanfaatkan sebagai penopang alal konstruksi serta beban berat.

Jenis-Jenis Besi H Beam

Ada beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan ketika akan menggunakan besi H beam, salah satunya adalah memilih jenis besinya dengan tepat. Besi H-Beam memiliki beberapa jenis berdasarkan ukuran, bentuk, dan bahan pembuatannya., diantaranya adalah:

1.    H-Beam Standar

Ini adalah jenis besi H-Beam yang paling umum digunakan dalam konstruksi. Besi ini tersedia dalam berbagai ukuran dan memiliki ketebalan flange dan web yang standar.

2.    H-Beam Wide Flange

Jenis ini memiliki flange yang lebih lebar dibandingkan dengan H-Beam standar. Hal ini memberikan kekuatan tambahan dan digunakan dalam konstruksi yang memerlukan dukungan ekstra.

3.    H-Beam Tapered Flange

Jenis H-Beam ini memiliki flange yang cenderung mengecil di bagian ujungnya. Besi Ini digunakan untuk aplikasi khusus pada desain konstruksi yang lebih ringan.

4.    H-Beam Light

Jenis ini memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan H-Beam standar. Mereka juga cocok untuk konstruksi ringan, seperti struktur atap atau bangunan berlantai rendah.

5.    H-Beam Stainless Steel

Lalu ada H beam jenis stainless steel yang umum digunakan dalam aplikasi konstruksi yang memerlukan ketahanan terhadap korosi. Sebab, Baja tahan karat memberikan perlindungan tambahan terhadap kerusakan akibat cuaca atau lingkungan yang korosif.

Keunggulan Besi H-Beam

Keunggulan besi H beam adalah salah satu hal yang harus Anda ketahui mengapa mereka populer dalam konstruksi. Berikut ini adalah beberapa keunggulan utama, yaitu:

1.    Kekuatan Struktural

H-Beam dirancang untuk memberikan kekuatan struktural yang tinggi. Profil “H” memberikan distribusi berat yang merata, sehingga mampu menahan beban vertikal dan horizontal dengan baik. Hal ini membuatnya ideal untuk konstruksi bangunan yang memerlukan dukungan yang kuat.

2.    Efisiensi Material

Desain profil “H” memungkinkan penggunaan material yang efisien. Dengan memiliki flange yang lebar dan web relatif tipis, besi jenis ini dapat menyediakan kekuatan yang sama dengan baja lebih tebal, mengurangi biaya material.

3.    Fleksibilitas Desain

Ketersediaan beragam jenis H-Beam dengan berbagai ukuran dan bentuk memungkinkan fleksibilitas dalam desain konstruksi. Anda dapat memilih jenis H-Beam yang paling sesuai dengan kebutuhan struktural dan tata letak proyek Anda.

4.    Durabilitas

Besi jenis H-Beam tahan terhadap deformasi dan perubahan bentuk. Material besi ini juga dapat menahan beban berulang tanpa mengalami aus, sehingga memberikan durabilitas jangka panjang.

5.    Instalasi Mudah

Material H-Beam juga relatif mudah diinstal dan dirakit. Ini dapat menghemat waktu dan biaya tenaga kerja selama proses konstruksi. Jadi, Besi H-Beam adalah salah satu jenis profil baja struktural yang sering digunakan dalam konstruksi bangunan. Dengan kemampuan kekuatan struktural yang tinggi, efisiensi material, fleksibilitas desain, dan berbagai jenis yang tersedia, besi jenis ini terus menjadi salah satu bahan utama dalam industri konstruksi modern.

Besi ,
About Admin HMS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *