Blog

January 31, 2022

Tips Memilih Pipa SCH yang Bagus dan Kuat

Pipa SCH 80 merupakan salah satu jenis pipa yang kerap dipakai dalam proses pembuatan saluran air. Pipa ini memiliki bentuk seperti pipa hitam dan mudah dipasang sehingga cukup populer dibandingkan jenis pipa lainnya.

Kali ini, kita akan bahas cara tahu pipa SCH 80 yang bagus dan kuat supaya Anda tidak salah pilih ketika akan membelinya.

  • Perhatikan Diameter Pipa

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika akan membeli pipa SCH 80 adalah diameter pipa tersebut. Anda perlu memastikan kalau diameter dari pipa yang akan Anda beli sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Membeli pipa sesuai dengan standar yang telah ditetapkan akan mempermudah Anda dalam proses pemakaiannya nanti.

  • Kuat dari  Kondisi Asam

Jika Anda ingin membeli pipa SCH 80, pastikan pipa yang akan Anda beli tahan terhadap kondisi asam.

Kenapa demikian?

Sebab di dunia industri, pipa akan banyak digunakan untuk mengalirkan cairan yang memiliki sifat asam. Jika pipa yang Anda beli tidak tahan asam maka akan cepat rusak. Membeli pipa yang kuat terhadap asam juga bisa membantu Anda untuk hemat karena akan bisa digunakan untuk waktu yang lama.

  • Memilih Pipa yang Terbuat dari Bahan Baja.

Meskipun secara umum, pipa SCH 80 yang berkualitas terbuat dari baja, tidak ada salahnya jika Anda memeriksa lagi bahan dari pipa yang akan Anda beli.

Sebagai informasi, pipa SCH yang umum dipakai ada dua jenis yaitu seamless pipe dan pipa UOE. Seamless pipe merupakan  pipa tanpa sambungan sementara pipa UOE adalah pipa yang memiliki sambungan.

Pipa seamless umumnya dibuat dengan baja pejal sementara pipa OUE biasanya terbuat dari pelat baja.

  • Mudah Dirawat

Salah satu ciri pipa SCH yang bagus dan kuat adalah mudah dirawat. Perawatan pada pipa sangat penting dilakukan supaya daya tahan pipa semakin awet dan bisa lama dipakai.

Semakin mudah pipa dibersihkan, Anda bisa semakin rajin melakukan perawatan dan membersihkannya. Hal ini akan membuat pipa SCH 80 yang Anda gunakan semakin kuat dan bisa dipakai untuk waktu yang lama.

Perlu diketahui, selain pipa SCH 80, ada juga pipa SCH 40 yang sering dipakai dalam dunia industri. Beberapa hal yang membedakan kedua pipa ini adalah tekanan air. Pipa SCH 80 lebih mampu menahan tekanan air dikarenakan ketebalannya yang lebih besar dibandingkan dengan pipa SCH 40. Perbedaan lain yang dimiliki kedua pipa ini adalah ukuran serta diameter yang dimilikinya meskipun sekilas terlihat sama.

Itulah sedikit informasi tentang pipa SCH 80 yang bagus dan kuat, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Pipa ,
About Admin HMS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *