Blog

January 7, 2021

Jenis-Jenis Plat Strip Besi untuk Berbagai Keperluan

Plat strip besi digunakan secara luas dalam berbagai keperluan. Selain karena memiliki banyak keunggulan, plat strip besi juga mudah didapatkan di pasaran atau distributor bahan bangunan dengan harga yang relatif lebih murah dari pada plat jenis lain. Namun sebelum Anda memanfaatkan material yang satu ini untuk keperluan Anda, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu jenis-jenis plat strip besi.

Jenis-Jenis Plat Strip Besi

  1. Plat hitam

Plat hitam atau base plate banyak dimanfaatkan untuk penguat, material pembuatan tangki, dudukan material profil dan lain sebagainya. Plat hitam ini biasanya tersedia dalam ukuran 122 cm x 244 cm, seukuran dengan tripleks. Variasi ketebalannya antara 1,2 mm hingga 200 mm.

  1. Plat kapal

Ukuran untuk jenis ini panjangnya biasanya tersedia dalam ukuran 6.000 mm sementara lebaranya terdapat dua tipe lebar yaitu 1.500 mm dan 1.800 mm. Penggunaannya banyak diaplikasikan pada pembuatan bermacam instalasi pada kapal, sesuai dengan namanya.

Meskipun demikian, plat yang satu ini juga banyak digunakan dalam fabrikasi dan keperluan konstruksi lain juga pada pembuatan tangki. Plat ini juga memiliki ketahan terhadap korosi yang sangat tinggi lebih baik dari jenis plat yang lain

  1. Plat strip

Plat ini berbentuk seperti papan kayu dengan panjang biasanya 6 meter dan lebar yang beragam antarai 19 mm hingga 200 mm. variasi ketebalannya berkisar antara 3 mm hingga 12 mm. Plat ini biasanya digunakan sebagai material pagar, teralis pintu/jendela, dan berbagai instrumen konstruksi lain. Kelebihan plat yang satu ini adalah mudah ditekuk dengan las.

  1. Plat kembang

Plat kembang, dinamai demikian karena permukaannya bertekstur (seperti kembang). Ukuran standar plat jenis ini adalah 1,2 meter × 2,4 meter. Ketebalannya sendiri bervariasi. Plat jenis ini biasanya diaplikasikan untuk elemen lantai atau anak tangga pada bangunan juga sarana transportasi seperti bus, kereta, mobil damkar.

Plat ini memiliki Tekstur yang kasar. Hal ini untuk mengantisipasi licin pada permukaan konstruksi yang dibuat. Sehingga mengurangi risiko terpeleset pada anak tangga ataupun lantai berbahan dasar plat ini. Penggunaan plat jenis ini pada pembuatan lantai dan anak tangga mendukung keamanan dan kenyamanan.

  1. Plat bordes

Plat ini dinamai demikian karena memang digunakan dalam pembuatan bordes. Bordes adalah area datar pada tangga yang berfungsi untuk mengistirahatkan kaki. Bordes dibuat pada tangga yang memiliki jumlah anak tangga lebih dari 12 anak tangga. Pada pengaplikasian pembuatan bordes, plat ini bisa diaplikasikan untuk tangga yang berada dalam ruang maupun di luar ruang.

Plat ini memiliki tekstur permukaan yang mirip seperti plat kembang. Jadi, bisa mengurangi resiko terpeleset karena licin area tersebut basah. spesifikasi ukurannya pun sama dengan plat kembang. Plat jenis ini juga digunakan mulai dari  lantai mobil bak terbuka (pick up) atau truk, lantai bangunan pabrik, hingga bagian dari peralatan olahraga.

Dengan mengetahui jenis-jenis plat strip besi, Anda bisa menentukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Plat strip besi tersebut tersedia dalam berbagai macam ketebalan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda

Besi ,
About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *