Blog

July 7, 2020

Panduan Pipa SCH 40

Jika Anda bahkan sedikit terbiasa dengan industri irigasi, Anda mungkin sudah memahami penggunaan pipa yang menjadi hal utama. Pipa PVC merupakan jenis yang sangat terkenal dalam dunia irigasi dan semacamnya seperti penggunaan pipa SCH 40.

 

Sejarah tentang Pipa PVC

Pertama kali ditemukan pada tahun 1872, baru pada awal abad ke-20 PVC (polivinil klorida) dikembangkan lebih lanjut menjadi polimer plastisitas yang lebih bermanfaat. Polimer yang kaku dan kerap rapuh dikombinasikan dengan berbagai aditif agar lebih fleksibel dan lebih mudah diproses. Saat ini, PVC memiliki dua bentuk dasar, yaitu kaku dan fleksibel. Mungkin penggunaan paling umum yang dapat Anda pikirkan adalah pipa PVC, meskipun itu juga digunakan di pintu dan jendela, botol, kemasan, lantai dan bahkan dalam hal-hal kecil yang kita gunakan sehari-hari. Polyvinyl chloride (PVC) adalah polimer plastik jenis ketiga yang paling banyak digunakan di dunia, dengan lebih dari setengahnya digunakan dalam pembuatan pipa dan alat kelengkapan untuk pipa yang digunakan dalam air dan sistem drainase. Beberapa spesifikasi yang membuat PVC jenis pipa SCH 40 yang memiliki tekstur kaku sangat populer adalah karena ketersediaan, biaya, kepadatan dan kekuatan, dan ketahanannya terhadap bahan kimia dan alkali.

 

Pipa SCH PVC

Pipa PVC dengan Schedule (SCH) dalam ukuran seperti SCH 40 atau SCH 80 adalah yang paling umum dalam penggunaan pipa dan irigasi. Semakin besar nomor SCH semakin kuat pipa. Sementara SCH 40, SCH 80 dan SCH 120 adalah dimensi luar yang sama untuk kompatibilitas fitting, dinding lebih tebal pada pipa SCH 80 & SCH 120. Pipa SCH 40 umumnya digunakan dalam pengaplikasian tekanan seperti saluran utama yaitu pipa yang berada dibawah tekanan konstan dan harus memiliki kekuatan yang mampu menahan aliran untuk sistem irigasi sprinkler. Dengan jenis yang sangat beragam, Anda dapat memilih semua jenis pipa sesuai kebutuhan Anda karena setiap pipa memiliki fungsi dan manfaat tersendiri. Pipa SCH 40 memiliki peringkat PSI yang relatif tinggi.

Besi , ,
About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *