Blog

December 10, 2020

Mengenal Ukuran Besi Beton Polos yang Ada di Pasaran

Besi beton yang dijual di pasaran umumnya tersedia dalam 2 jenis, yaitu besi beton ulir dan besi beton polos. Besi beton polos adalah salah satu jenis besi yang biasanya digunakan dalam sebuah konstruksi. Baik itu rumah, jembatan, gedung, dan yang lainnya.

Besi beton polos

Seperti namanya besi beton polos, yang artinya desain besi tersebut polos, dan tidak mempunyai ukiran. Sebaiknya jika besi beton ulir, maka Anda akan melihat ukiran di sekujur besi. Polos yang dimaksud disini adalah benar-benar polos tanpa ukiran, mulai dari ujung hingga ke ujung lainnya.

Ukuran besi beton polos

Dari segi ukuran, besi beton yang satu ini beragam. untuk panjangnya sendiri sama, yaitu sekitar 12 cm. Namun diameter berat dan juga berat batangnya sendiri sangat beragam. Ukuran paling kecil sendiri adalah sekitar 4 mm untuk diameter, panjangnya 12 m, beratnya sekitar 0,09 kg berat / meter dan berat / batangnya sekitar 1.00 kg. Sedangkan ukuran yang paling besar adalah 32 mm untuk diameter, 12 m untuk panjang, 6,31 kg untuk berat / meter, sedangkan untuk berat / batang sekitar 75,72 kg.

  • Untuk lebih jelasnya ukuran panjang dari besi polos ini sama, yaitu 12 m saja.
  • Sedangkan untuk diameter, cenderung beragam, mulai dari ukuran 4 mm, 6 mm, 8 mm, 9 mm, 10 mm, 11 mm, 12 mm, 13 mm, 15 mm, 16 mm, 19 mm, 22 mm, 23 mm, 24 mm, 25 mm, 28 mm, 31 mm dan terakhir 32 mm.
  • Sedangkan untuk berat / meter dan berat / batangnya sendiri juga beragam. Semakin besar ukuran diameternya, maka berat per meter dan per batangnya akan semakin berat juga.

Dari ulasan diatas jelas sudah bahwa ada berbagai ukuran besi beton polos yang umum dijual di pasaran. Itu artinya masing-masing ukuran dapat digunakan, untuk keperluan tertentu. Yang biasanya semakin besar ukuran diameter maka semakin besar pula Kekuatan besi untuk digunakan sebagai penyangga.

Besi , ,
About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *